Desain Berkelas Berkat Kulit Fiberglass

MusiccdSettlement – Smartphone kekinian kian tampil modis agar bisa menjadi peranti yang “layak bawa” bagi pemiliknya. Tidak melulu spesifikasi teknis seperti kecepatan prosesor, kapasitas memori RAM dan ROM, atau besarnya resolusi kamera yang dimiliki, smartphone juga dituntut menjadi perangkat yang cantik secara tampilan luarnya.

Beragam cara dilakukan oleh produsen smartphone untuk mendongkrak tampilan eksterior, di antaranya dengan menggunakan pilihan warna yang unik.  Salah satu smartphone yang unggul di sisi tampilan desain adalah OPPO Reno7, yang membawa dua warna menarik yakni Oranye Senja (Sunset Orange) dan Hitam Kosmik (Cosmic  Black). 

Dari kedua warna tersebut, Oranye Senja memiliki keunikan karena didesain dengan kulit serat kaca (Fiberglass Leather Design).

Puluhan prosedur telah dilewati dalam penciptaan Kulit Fiberglass pertama di industri, yang membuatnya ringan dan memberikan sentuhan premium.

Pada prosesnya, ribuan pilihan kulit berbeda yang dikenal sebagai pola leci (lychee pattern) diterapkan pada kertas. Selanjutnya diproses dengan enam pelapisan lalu dipanggang dan dicetak oleh fiberglass, yang berada di bawah desain kulit dan dicetak bersama sehingga diperoleh Fiberglass Leather Design. 

Berbagai pengujian ketat dilakukan untuk menjamin daya tahan dan keandalan Fiberglass Leather pada OPPO Reno7 Sunset Orange. Perangkat ini diuji dengan menggesekkannya ke kain denim sebanyak 200.000 kali, digosok dengan penghapus sebanyak 10.000 kali, dan digosok dengan alkohol 5.000 kali.

Pengujian ini dilakukan di dalam laboratorium OPPO dan bukan sebagai jaminan kualitas dalam penggunaan sehari-hari.

Situasi sebenarnya akan sedikit berbeda tergantung pada lingkungan pengujian tertentu. Selain tahan gesekan, Fiberglass Leather di Reno7 juga tahan terhadap sidik jari dan noda. 

Desain Fiberglass Leather ini dikembangkan sendiri oleh tim OPPO selama dua tahun dan menjadi yang pertama diterapkan di industri smartphone.

Dibandingkan dengan penutup baterai seperti kulit tradisional, penutup belakang OPPO Reno7 mencapai tampilan yang lebih mengesankan karena mengintegrasikan penutup baterai dengan bingkai tengah telepon secara mulus, lebih tipis, dan lebih ringan.

Baca Juga :  Beginilah Cara Memeriksa Nomor HP Sendiri

Sementara itu, warna Cosmic Black menampilkan teknologi OPPO Glow yang membuatnya terlihat mengilap meski menggunakan nuansa matte di tangan. Varian warna hitam ini juga tahan sidik jari dan kotoran. 

Penggunaan kulit “tiruan” pada bodi smartphone juga pernah dilakukan OPPO pada seri Find X2 Pro. Ponsel kelas flagship tersebut menggunakan desain Vegan Leather.

Kulit sintetis ini hampir mirip dengan kulit hewan seperti sapi, ular, domba, dan lain-lain, yang diproduksi dengan bahan dan proses industri yang sama sekali berbeda dengan kulit asli.

Penggunaan Vegan leather dan Fiberglass leather yang dikembangkan internal oleh OPPO seakan menegaskan jika bahan yang biasanya untuk dunia fashion juga bisa diterapkan pada bodi smartphone.